10 comments on “Khazanah Peta (6): Persebaran Umat Islam di Indonesia

    • Bagi saya Agama merupakan unsur pokok dalam kehidupan mas.. mungkin mengandung unsur fanatisme, tp beragama memang harus fanatik, yg terpenting jgn melampaui batas dengan menghina dan merendahkan Agama lain alias fanatisme sempit.. 😀

  1. Saya mohon maaf apabila dalam blog ini TIDAK BISA memoderasi komentar yang bersifat PROVOKATIF baik yang berkait SARA maupun POLITIK.. Sebab meskipun saya banyak mempostingkan hal-hal berkait Agama Islam, tetapi semata-mata untuk saling ingat-mengingatkan bagi saya pribadi dan juga seluruh Umat Islam serta untuk menambah keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT..

    • Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya..

      Klau kejahatan sy kira lbh tepat klau dikaitkan dgn peta ekonomi, atau peta pertahanan/keamanan.. klau ekonomi bgs dan pertahanan/keamanan bgs, ttp pencurian, penjarahan dsb. msh ada itu mengherankan..

      Klau dikaitkan dgn agama, mungkin bisa, tp sy kira kuantitas penganut agama blum tentu sebanding dgn kualitas penganutnya.. jd menurut sy yg terpenting adlh kualitasnya..

      lihat saja di Meksiko, disana kejahatan jauh lbh mengerikan dibanding di Indonesia,, kartel2 narkoba bersenjata, setiap saat bisa terjadi keributan yg mengerikan..

    • sy kira tdk bijaksana klau Anda berkata demikian Pak Agul, leluhur nusantara awalnya memiliki kepercayaan animisme-dinamisme, kmudian msk agama Hindu-Buddha, Islam, dan Kristen.. agama2 tsb mmperkaya khazanah budaya bkn menghancurkn, klaupun terjadi perubahan itu wajar karna terjadi akulturasi..

      350 thn Belanda menjajah Indonesia, tlh merusakan bgnan cagar budaya dgn meriam2 dan bom, mmbawa dokumen2 kerajaan2 nusantara dll..

      agama itu lbh baik, drpd rusaknya kesenian daerah oleh pengaruh pergaulan bebas

Tinggalkan komentar